iklan

Ternyata Cuci Daging Ayam Mentah Itu Berbahaya!! Mengapa??


Mencuci buah dan sayuran sebelum dikonsumsi memang dianjurkan oleh para ahli keamanan pangan di dunia, tetapi bukan berarti berlaku juga pada daging unggas. Cuci daging ayam mentah ternyata berbahaya lohh. Sebagaimana yg diungkapkan oleh Departemen Pertanian Amerika Serikat bahwa mencuci daging unggas membahayakan kesehatan. Ini alasannya!

Daging Ayam Mentah Terkontaminasi Bakteri
Permukaan daging ayam memang sering terkontaminasi bakteri jenis Campylobacter dan Salmonella. Jika Anda mengira mencuci daging mentah bisa menghilangkan bakteri tersebut maka anggapan itu salah besar. Bakteri yg ada pada permukaan daging ayam dlm jumlah besar justru berpotensi sebabkan infeksi saat dicuci. Saat Anda mencuci, mengguyurnya di bawah keran maka percikan airnya bisa terciprat kemana-mana. Sementara pada cipratan air tersebut mengandung bakteri yg di bawa dari permukaan ayam mentah. Sehingga bakteri akan menyebar kemana-mana seperti wastafel, rak piring dan permukaan lainnya.

Tetesan air yg terdapat bakteri tersebut bisa menyebar sejauh setengah meter ke seluruh ruangan. Misalnya rak piring kita terkena percikan air tersebut maka pada saat Anda hendak menyajikan makanan ke piring saji, kemungkinan besar akan terkontaminasi bakteri hingga menyebabkan keracunan.

Infeksi yg disebabkan oleh bakteri Campylobacter atau Salmonella bisa mengakibatkan gangguan kesehatan seperti demam, sakit perut, mual, muntah, diare, nyeri otot, dan sakit kepala.

Alasan Mencuci Daging Ayam Sebelum Dimasak
Meskipun sudah banyak yg mengetahui fakta ini, namun tidak sedikit orang yg masih melakukan kesalahan seperti itu. Mereka menganggap bahwa mencuci daging ayam sebelum di masak lebih higienis.

Sebenarnya tidak perlu mencuci daging ayam terlebih dahulu sebelum memasak. Jika Anda peduli pada kebersihan maka setelah membelinya di tempat yg bersih dan bisa langsung di masak. Hindari cara pengolahan ayam setengah matang, sebab hal itu tidak akan membunuh bakteri.

Bakteri pada ayam akan mati pada suhu 70°C. Cara memasak daging ayam yg benar bisa membunuh bakteri-bakteri pada daging ayam yg tidak dicuci sebelumnya. Apakah Anda termasuk orang yg suka mencuci daging ayam mentah sebelum di masak?


Semoga Bermanfaat :) Jangan Lupa SHARE yaa...


Sumber: viva.co.id

0 Response to "Ternyata Cuci Daging Ayam Mentah Itu Berbahaya!! Mengapa??"

Posting Komentar