iklan

HATI-HATI DENGAN 7 MAKANAN INI, YANG BISA MENYEBABKAN BATU GINJAL

Salah satu  penyakit yg dpt merusak fungsi ginjal adalah batu ginjal. Batu ginjal banyak diderita para pria, namun wanita dgn berat badan berlebih/obesitas sangat rentan menderita batu  ginjal. Batu ginjal sendiri  merupakan gumpalan mineral padat yg terbentuk dari kalsium dan oksalat serta asam urat yg  bersarang dalam saluran kemih.



Ginjal termasuk organ yg sangat penting, terutama untuk sistem metabolisme yg bertugas mengatur sistem pembuangan racun dari dalam tubuh. Menjaga ginjal tetap sehat dan berfungsi sempurna harus dilakukan, karena kerusakan fungsi ginjal dpt menyebabkan penumpukan racun dlm tubuh yg berpotensi merusak ginjal.

Banyak yg tdk menyadari jika penyebab utama penyakit batu ginjal adalah pola makan kita. Hem..., kira-kira apa sj jenis makanan yg harus dihindari agar tdk  terkena batu ginjal? Agar lebih jelasnya, ada baiknya simak Batasi 7 Makanan yg Sebabkan Penyakit Batu Ginjal berikut ini :

1. Kafein


Minuman berkafein memang nikmat, namun jika berlebihan dapat menyebabkan batu  ginjal. Kenapa demikian?  Karena minuman berkafein dapat meningkatkan kadar kalsium dalam urine  sehingga memberatkan kinerja ginjal.  Minuman berkafein yang harus dibatasi, antara lain: teh, kopi dan  soda.


2. Pemanis buatan


Penelitian menyebutkan, jk mengonsumsi pemanis  buatan dalam jangka panjang dpt merusak fungsi ginjal. Oleh karena itu, usahakan gunakan pemanis alami yang lebih baik dan ramah untuk tubuh, contohnya : madu.

3. Daging


Kandungan  protein dan asam urat  dalam daging dpt memicu pembentukan  batu ginjal yg lama-kelamaan dpt sebabkan kerusakan pada ginjal. Kenapa demikian?  Limbah protein dan asam urat sangat sulit dikeluarkan oleh ginjal. Oleh karena itu, batasi konsumsi daging dan perbanyak buah dan sayur yg lebih menyehatkan.

4. Makanan asin


Sering mengonsumsi  makanan  yg  mengandung sodium  kurang baik untuk kesehatan ginjal, karena sodium  memicu  terbentuknya batu ginjal. Oleh karena itu,  hindari makanan  yg  mengandung banyak garam.

5. Minuman berkarbonasi


Minuman berkarbonasi memang menyegarkan tubuh untuk sementara, namun kebiasaan ini  dpt meningkatkan risiko penyakit batu ginjal. DIantara minuman berkarbonasi yang harus dibatasi atau dihindari, antara lain :  minuman bersoda, minuman energi, dan jus kemasan.

6. Makanan kaya purin


Mengonsumsi makanan  tinggi purin dalam jangka panjang dpt meningkatkan risiko penyakit batu ginjal. Diantara makanan yg kaya purin, antara lain :  sarden, kuning telur, daging, dan lain sebagainya.

7. Produk susu


Kalsium tinggi memang baik untuk tulang, namun bg Anda yg memiliki masalah pada ginjal, kalsium bs menjadi musuh terbesar Anda. Kenapa demikian? Karena  kalsium dpt menyebabkan meningkatnya ekskresi kalsium pada urin  sehingga  limbahnya  sulit dibuang  dan memicu penumpukan  batu  ginjal.

Dengan membatasi atau menghindari makanan  yg tersebut diatas, kita dapat mengurangi  risiko  terkena penyakit batu  ginjal. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi kita semua. 




Sumber: Sayangilah.com /ibu-zahraa

0 Response to "HATI-HATI DENGAN 7 MAKANAN INI, YANG BISA MENYEBABKAN BATU GINJAL"

Posting Komentar