iklan

BAHAYA!! Mengkonsumsi Sayur Bayam yang Sudah dimasak Lebih dari 6 Jam

Bayam adalah sumber protein dan asam amino yg sangat diperlukan tubuh, dan asam amino sangat penting untuk melindungi keadaan tubuh hingga tak mudah terkena penyakit. Manfaat bayam memang sangat banyak. Tetapi, kandungan gizi yg tinggi itu tidak akan berarti bila anda salah mengolahnya.



Hal semacam ini dikarenakan bayam memiliki kandungan zat besi yg bila salah dalam memasaknya, zat-zat itu akan beralih jadi racun untuk tubuh dan bakal mengganggu kesehatan Anda. Lalu, apa saja yg perlu di perhatikan supaya sayur bayam betul-betul aman dan menyehatkan?

Berikut ada banyak panduan memasak sayur bayam yg benar supaya tak beresiko waktu dikonsumsi, diantaranya :

1. Jangan dipanaskan
Bayam banyak terkandung zat besi atau senyawa ferro (Fe²+) yang baik untuk badan. Tetapi, bila dipanaskan terus-menerus atau berulang, bakal berlangsung oksidasi pada sayur bayam. Oksidasi tersebut yaitu pengikatan oksigen. Mengakibatkan Fe²+ yg baik tadi bakal beralih jadi Fe³+ atau senyawa ferri yg beracun untuk badan (racun). Oleh karenanya, masaklah bayam untuk sekali makan.

2. Segera dimakan
Selain memiliki kandungan zat besi, bayam jg memiliki kandungan nitrat (NO³). Namun bila terlampau lama bersentuhan dengan udara, akan berubah jadi nitrit (NO²) yg berbentuk senyawa tak berwarna, berbau dan beracun. Maka sayur bayam begitu matang mesti segera dikonsumsi. Sayur bayam yg telah dimasak lebih dari 6 jam tak dianjurkan untuk dikonsumsi lagi.

3. Tentukan bayam yang segar
Bayam segar yg baru dicabut dari persemaian akan memiliki kandungan senyawa nitrit kurang lebih sebanyak 5 mg per kg. Bayam yg disimpan di lemar es selama dua minggu kandungan nitrit bakal bertambah hingga 300 mg per kg. Dengan kata lain, dalam 1 hari penyimpanan, senyawa nitrit bakal bertambah sebesar 7%.

4. Gunakan panci stainless steel
Jangan memasak bayam di panci besi atau aluminium lantaran senyawa ferro tadi bakal bereaksi dengan bahan besi atau aluminium. Sebaiknya pakai panci nirkarat (stainless steel).

Jadi, mulai dari saat ini STOP! jangan mengkonsumsi sayur bayam yg sudah dimasak lebih dari 6 jam dan jg cermati saat memasak sayur bayam yg benar supaya tak beresiko waktu dikonsumsi.

Semoga Bermanfaat yaaa bunda, SHARE!!!

Sumber: http://beritapopulernews.blogspot.co.id/2016/01/stop-jangan-mengkonsumsi-sayur-bayam.html

0 Response to "BAHAYA!! Mengkonsumsi Sayur Bayam yang Sudah dimasak Lebih dari 6 Jam "

Posting Komentar