iklan

MAU TAHU BEGINI CARA MEMBUAT SABUN DARI BIJI KLEREK YANG RAMAH LINGKUNGAN? BEGINI CARA MEMBUATNYA

Klerek ternyata memang dari jaman dulu digunakan untuk membersihkan kain batik, mandi, keramas bahkan untuk bersihkan perhiasan emas dan perak.



Bagaimana Klerek bisa berbusa ini karena biji klerek menandung saponin yg bisa bereaksi dengan air serta menghasilkan busa sabun alami.

BACA JUGA: SUNGGUH MENGAGUMKAN TERNYATA STROKE DAN ASAM URAT MAMPU DIOBATI HANYA ===>> DENGAN KOMBINASI MINYAK TANAH DAN GARAM

Klerek merupakan biji dari tanaman dengan nama latin Sapindus Trifoliatus. Klerek memiliki kandungan (+) – Saponin A, saponin C, sapindosid A, sapindosid B, emarginatoside-B, emarginatoside-C, karagenan, histamin, serotonin, zymosan, type II cyanolipids, asam lemak, asam oleat, asam arachidic, asam 11-iecosenoic, asam cisvaccenic, asam 13-eicosenoic.

Selain dipakai sebagai sabun, Klerek juga bermanfaat untuk mengobati penyakit eksim, psoriasis. Mengobati serta menghilangkan bintik-bintik, epilepsi, Bermanfaat emetik, tonik, karakter zat serta anti-helmintic tanaman klerek digunakan untuk menyembuhkan asma. Akar serta kulit kayu dianggap sebagai ekspektoran ringan serta penawar rasa sakit. (sumber : iloveindia. com)

Cara membuat Sabun Klerek :

1. Siapkan biji klerek kurang lebih 30 butir lalu ambillah dagingnya saja serta buang isinya

2. Siapkan wadah untuk merebus, masukan daging biji klerek ditambah dengan air kurang lebih 3 liter lalu rebuslah kira-kira setengah jam.

3. Biasanya akan muncul busa, dan hal ini mengisyaratkan bila zat saponin sudah keluar dari daging biji Klerek dan tercampur dengan air saat di rebus.

4. Bila sudah demikian angkat serta dinginkan, lalu saringlah serta masukan kedalam botol.

5. Sabun Klerek alami siap untuk dipakai.

BACA JUGA: Mau AC Sederhana Di Rumah Anda...? Yuk Kita Buat AC sendiri, Mudahkok, Begini Caranya !! TOLONG SHARE YA !!

Semoga bermanfaat ya, silahkan share...

SUMBER: http://www.artikelkesehatan9.com/2015/12/begini-cara-membuat-sabun-alami-dari_13.html

0 Response to "MAU TAHU BEGINI CARA MEMBUAT SABUN DARI BIJI KLEREK YANG RAMAH LINGKUNGAN? BEGINI CARA MEMBUATNYA"

Posting Komentar