iklan

Sri Mulyani Mengatakan : Ekonomi Indonesia Diambang Kehancuran..!!! Pak Jokowi Jangan Pura-Pura Tidak Tahu... bantu bagikan ya...!!!

Nota Keuangan ini akan menjadi dasar untuk membuat Rancangan APBN 2017. Selesai rapat, Menteri Keuangan, Sri Mulyani, mengungkapkan masalah beratnya kondisi ekonomi yang tercermin dari tekanan pada penerimaan pajak. 
Sri Mulyani mengatakan, untuk membuat Nota Keuangan 2017, untuk menjadi APBN yang kredibel, jadi pemerintah akan lihat kemungkinan keadaan yang akan dihadapi di tahun ini serta dua tahun terakhir.

“Untuk tahun 2016, setelah melihat realisasi dari tahun 2014-2015, jadi dua tahun terakhir, penerimaan perpajakan memanglah alami desakan yang sangat berat, ” kata Sri Mulyani selesai rapat di Istana Negara, Jakarta, Rabu (3/8/2016). 

Desakan pada penerimaan pajak ini terjadi karena turunnya harga komoditas, seperti minyak serta gas (migas), batu bara, kelapa sawit, dan pertambangan yang lain. 

“Kami juga lihat di beberapa sektor seperti perdagangan, konstruksi juga mengalami kondisi tekanan yang cukup tampak dari sisi volume. Hingga hari ini kita lihat bahwa sebagian bidang tersebut pertumbuhannya cuma separuh dari bebrapa th. sebelumnya, ” tambah Sri Mulyani. 

Selanjutnya, Sri Mulyani bercerita soal pelemahan perdagangan dunia yang mengakibatkan turunnya laju ekspor serta impor di Indonesia mulai sejak kuartal I-2015 sampai semester I-2016 lalu. Ini akan jadi perhitungan pemerintah dalam membuat Nota Keuangan 2017. 

“Maka Kemenkeu hari ini melaporkan pada Ayah Presiden, Wapres serta Sidang Kabinet kalau penurunan dari potensi penerimaan pajak 2016 bakal cukup penting. Ini karena basis penghitungan tujuan penerimaan pajak di 2016 yang di setujui oleh DPR APBN-P itu basisnya masihlah memakai angka ekonomi yang cukup tinggi, yakni tujuan penerimaan 2 th. terlebih dulu th. 2014, 2015, lalu ke 2016, ” tutur Sri Mulyani. 

Bekas Direktur Bank Dunia ini menuturkan realisasi pajak di 2014 yang ada Rp 100 triliun dibawah tujuan. Lalu di 2015 lantas, waktu harga komoditas mulai alami penurunan penerimaan pajak juga meleset Rp 248, 9 triliun dari tujuan. 
BACA JUGA : 

Sri Mulyani: Belum Ada Aturan Baru Soal Tarif Cukai Rokok

“Oleh karenanya, kami hari ini melaporkan pada Presiden, Wapres serta sidang kabinet kalau kami butuh untuk lakukan penyesuaian hingga APBN kita jadi kredibel lantaran topik dari Ayah Presiden yaitu selalu menguatkan kredibilitas, confidence, dan trust itu mesti ditegakkan dari mulai angka-angka APBN yang dapat mencerminkan kenyataan ekonomi yang kita hadapi, ” tutur Sri Mulyani. 

Tetapi, lanjut Sri Mulyani, bukanlah bermakna pemerintah bakal mengendurkan penerimaan pajak. Sri Mulyani menyampaikan, Presiden Jokowi memohon dianya untuk maksimal tingkatkan pajak. Lantaran penerimaan pajak diperlukan untuk mendanai pembangunan infrastruktur, kemiskinan, pendidikan, kesehatan, serta pengurangan kesenjangan.

sumber : beritabenarnet.com

0 Response to "Sri Mulyani Mengatakan : Ekonomi Indonesia Diambang Kehancuran..!!! Pak Jokowi Jangan Pura-Pura Tidak Tahu... bantu bagikan ya...!!!"

Posting Komentar